Sifat Sifat Benda

Contoh Sifat Benda lentur

Contoh Sifat Benda lentur

Sifat Sifat Benda - Setiap benda memiliki kelebihan dan sifat yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

Sifat-sifat benda

a. Sifat Benda Lentur

Beberapa benda dalam keadaan tertentu memilikim sifat lentur, baik lentur alami (misal karet) atau buatan. Selain bersifat lentur karet juga bersifat kedap air, tahan panas, dan tidak dapat dirambati listrik (isolator). Karena sifatnya inilah karet dapat digunakan diantaranya sebagai pembalut kabel listrik dan ban kendaraan. Selain itu juga sebagai penyekat antara mesin dan badan mobil untuk mengurangi getaran.

b. Sifat Benda sebagai Penghantar panas (konduktor)

Panas dapat merambat melalui benda padat, cair, dan benda gas. Benda yang paling cepat merambatkan panas adalah yang terbuat dari logam, contohnya tembaga, aluminium, dan besi. Benda yang mudah dirambati panas disebut benda konduktor. Contoh pemanfaatannya, misalkan panci dan wajan yang berguna untuk memasak, solder untuk mematri, setrika untuk melicinkan baju, dan sebagainya.

Dulu, besi tidak banyak digunakan sebagai alat masak karena mudah berkarat. Namun dengan ditemukannya teknologi untuk melapisi besi dan baja, maka besi dan baja dapat digunakan sebagai alat amasak anti karat, bahkan anti lengket.

Agar lebih ringan, maka aluminium lebih sering digunakan. Selain karena lebih ringan juga murah, penghantar panas yang sangat baik, dan tahan karat. Karenanya, aluminium dapat digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan badan pesawat terbang dan rangka beberapa jenis sepeda motor. Selain aluminium juga yaitu tembaga, yang sering digunakan untuk membuat kabel dan peralatan elektronik, sirip aluminium penyerap panas pada CPU komputer

c. Sifat Benda sebagai Penghambat panas (isolator)

Benda isolator adalah benda yang sukar dirambati panas. Misalnya kayu, kain, dan karet. Contoh pemanfaatannya adalah pegangan pada setrika, solder, dan wajan.

d. Sifat Benda kedap air

Kedap air artinya tidak tembus air dan tidak tembus udara, contohnya karet dan plastik. Untuk tujuan tertentu, karet dibuat lebih kuat, misalnya untuk membuat perahu penyelamat.