Peranan Flagellata

Sunday, June 28th, 2015 - Biologi
Peranan Flagellata

Peranan Flagellata

Peranan Flagellata  – Flagellata memiliki daur hidup dalam bentuk trofozoit dan kista. Berkembang biak dengan cara vegetatif berupa pembelahan biner dan cara generatif berupa konjugasi. Flagellata hidup secara soliter atau bentuk koloni. Mereka umumnya hidup bebas dan terdapat di lautan, lingkungan air tawar, atau daratan.

Beberapa spesies bersifat paristik , hidup pada organisme inang . Inang protozoa yang bersifat parasit dapat berupa organisme sederhana seperti algae, sampai vertebrata yang kompleks, termasuk manusia. Beberapa spesies dapat tumbuh di dalam tanah atau pada permukaan tumbuh-tumbuhan.

Beberapa spesies Flagellata memiliki peran yang penting dalam ekosistem air, yaitu sebagai fiplankton dan zooplankton. Selain itu peranan Flagellata dalam kehidupan manusia yang bersifat parasit dan merugikan, contohnya genus Trypanosoma dan genus Trichomonas. Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiense merupakan parasit pada darah manusia dan dapat menyebabkan penyakit tidur yang mematikan. Di Afrika, penularan dilakukan melalui lalat Tse-tse (Glosina palpalis)

loading...

Peranan Flagellata

bentuk daun jambu air, daur hidup myxomycota, macam macam spesies protozoa yang bersifat parasit, bentuk tulang daun jambu, gambar nama serta nama latin kerangka tubuh manusia
Peranan Flagellata | myusername | 4.5