Peranan Euglena Viridis

Wednesday, July 8th, 2015 - Biologi
peranan euglena viridis dan Perkembangbiakan Euglena Viridis

peranan euglena viridis dan Perkembangbiakan Euglena Viridis

Peranan Euglena Viridis – Pengertian Euglena viridis adalah salah satu ganggang hijau bersel tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung anterior tumpul dan meruncing pada ujung posterior. Setiap sel Euglena dilengkapi dengan sebuah bulu cambuk (flagel) yang tumbuh pada ujung anterior sebagai alat gerak.

Pada ujung anterior ini juga terdapat celah sempit yang memanjang ke arah posterior. Pada bagian posterior, celah ini melebar dan membentuk kantong cadangan atau reservoir. Flagel terbentuk di sisi reservoir. Di sisi lain dari flagel terdapat bintik mata yang sangat peka terhadap rangsangan sinar matahari.

Tubuh Euglena terlindung oleh selaput pelikel, sehingga bentuk tubuhnya tetap. Di sebelah dalam selaput pelikel terdapat sitoplasma. Di dalam sitoplasma ini terdapat berbagai organel seperti plastida, kloroplas, nukleus, vakuola kontraktil, dan vakuola nonkontraktil.

Euglena dapat hidup secara autotrop maupun secara heterotrop. Pada saat sinar matahari mencukupi, Euglena melakukan fotosintesis. Tetapi bila tidak terdapat sinar matahari, Euglena mengambil zat organik yang terlarut di sekitarnya. Pengambilan zat organik dilakukan dengan cara absorbsi melalui membran sel. Selanjutnya, zat makanan itu dicernakan secara enzimatis di dalam sitoplasma.

Perkembangbiakan Euglena Viridis

Euglena berkembangbiak secara vegetatif, yaitu dengan pembelahan biner secara membujur. Pembelahan ini dimulai dengan membelahnya nukleus menjadi dua. Selanjutnya flagel dan sitoplasma serta selaput sel juga terbagi menjadi dua. Akhirnya terbentuklah dua sel euglena baru.

Euglenophytes dapat ditemukan di habitat air tawar dan melimpah di daerah ini, seperti di kolam peternakan atau parit saluran air, cara makan euglena ini dengan mengkonsumsi kotoran binatang.

Untuk mendapatkan makanan, Protozoa menggunakan cara yang bervariasi. Yang paling populer adalah membuat sendiri, mencuri, makan di sana-sini, berburu dan menangkap dengan perangkap. Sebagian kecil Protozoa harus bertindak seperti buruh tambang, dan beberapa diupah seperti teknisi spesial. Peranan Protozoa bagi lingkungan berperan sebagai plankton bagi manusia, ada yang membantu pencernaan sapi. Tetapi ada juga Protozoa yang menentukan umur lapisan bumidan juga petunjuk adanya minyak bumi. Tapi ada juga yang menimbulkan penyakit

Cara reproduksi euglena viridis adalah  dengan pembelahan membujur pasangan. Bagian inti menggunakan tempat dalam membran inti. Chromatin, dalam bentuk pasangan helaian-helaian chromomeras pada tingkat vegetatif, bentuk-bentuk pasangan chromomeras masing-masing yang bercabang membujur menjadi dua. Endosome menjadi mengerut dalam dua, rata-rata dalam bagian yang sama. Tubuh intranuclear juga terbagi menjadi dua.

loading...

Peranan Euglena Viridis

Peranan euglena viridis, peranan euglena, cara bunga bangkai menyimpan cadangan makanannya, peranan eugalena virilis, prozoa kelas ciliata, keterangan kucing dalam bahasa inggris, jenis dan peranan euglena virudis, peran euglena viridis, cara mengawinkan bunga kertas, struktut protista euglena viridis
Peranan Euglena Viridis | myusername | 4.5