Peranan Amoeba Proteus

Peranan amoeba proteus

Peranan amoeba proteus

Peranan Amoeba Proteus – Amoeba adalah parasit yang ditemukan dalam makanan atau minuman yang tercemar. Mereka memasuki tubuh melalui mulut ketika makanan atau minuman yang tercemar ditelan, masuk kedalam system pencernaan tinggal di usus dan menyebabkan infeksi.

Amoeba proteus, sebelumnya Chaos diffluens, adalah Amoeba yang berhubungan dekat dengan amoeba raksasa. Amoeba proteus masuk kedalam Rhizopoda, filum Sarcodina. Amoeba proteus memiliki pseudopodia untuk bergerak.

Amoeba dapat menyebabkan infeksi penyakit Disentri amoeba. Disentri amoeba (amoebiasis) adalah infeksi usus (usus) yang disebabkan oleh Amoeba Entamoeba histolytica yang dapat menyebabkan diare bercampur dengan darah. Ada beberapa spesies yang berbeda amoeba, tapi yang paling berbahaya salah satunya seperti Entamoeba histolytica (penyebab penyakit desentri amoeba) yang hidup terutama di daerah tropis. Spesies ini mampu melalui dinding usus dan menyebar melalui aliran darah untuk menginfeksi organ lain, seperti hati, paru-paru dan otak.

Walaupun penyebab penyakit disentri amoeba (Entamoeba histolytica) tergolong jenis spesies amoeba berbahaya, namun mikroorganisme ini menyebabkan gejala kronis yang ringan seperti tinja longgar atau berair, sakit perut, kram, kelelahan, sembelit (intermitten), diare dengan pembengkakan perut dan perut kembung.

Next post:

Previous post: