Pengertian Mikroskop Cahaya

Thursday, June 11th, 2015 - Biologi
mikroskop cahaya dan bagian bagiannya

gambar mikroskop cahaya dan bagian bagiannya

Pengertian Mikroskop Cahaya atau dikenal juga dengan nama “Compound light microscope” adalah sebuah mikroskop yang menggunakan cahaya lampu sebagai pengganti cahaya matahari sebagaimana yang digunakan pada mikroskop konvensional.

Pada mikroskop konvensional, sumber cahaya masih berasal dari sinar matahari yang dipantulkan dengan suatu cermin datar ataupun cekung yang terdapat dibawah kondensor. Cermin ini akan mengarahkan cahaya dari luar kedalam kondensor.

Jenis lensa Mikroskop Cahaya – Mikroskop cahaya menggunakan tiga jenis lensa, yaitu

  • Lensa obyektif
  • Lensa okuler
  • Lensa kondensor

Bagian mikroskop dan fungsinya

Lensa obyektif dan lensa okuler terletak pada kedua ujung tabung mikroskop sedangkan penggunaan lensa okuler terletak pada mikroskop bisa berbentuk lensa tunggal (monokuler) atau ganda (binokuler).

Pada ujung bawah mikroskop terdapat tempat dudukan lensa obyektif yang bisa dipasangi tiga lensa atau lebih. Di bawah tabung mikroskop terdapat meja mikroskop yang merupakan tempat preparat. Sistem lensa yang ketiga adalah kondensor. Kondensor berperan untuk menerangi obyek dan lensa-lensa mikroskop yang lain.

Fungsi Lensa obyektif Mikroskop Cahaya berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai “apertura” yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.

Fungsi Lensa okuler Mikroskop Cahaya adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.

Fungsi Lensa kondensor Mikroskop Cahaya adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannyapun akan kurang optimal.

Bagian Bagian Mikroskop Cahaya

1. lensa okuler
2. lensa objektif
3. lensa objektif yang lain
4. pengatur fokus
5. pengatur fokus secara halus
6. papan letak objek/sampel/preparat yang dilihat
7. sumber cahaya
8. kondensor cahaya
9. penjepit sampel

loading...

Pengertian Mikroskop Cahaya

pengertian mozaik, bagian pohon menggunakan bahasa inggris, fungsi atau manfaat rhoe discolor, kolateral dan radial
Pengertian Mikroskop Cahaya | myusername | 4.5