Pengertian Metabolisme Sel

Saturday, July 18th, 2015 - Biologi
Struktur Metabolisme Sel

Struktur Metabolisme Sel

Pengertian Metabolisme sel adalah segala proses reaksi kimia yang terjadi di dalam makhluk hidup, mulai makhluk hidup bersel satu yang sangat sederhana seperti bakteri, protozoa, jamur, tumbuhan, hewan; sampai mkhluk yang susunan tubuhnya kompleks seperti manuasia.

Di dalam proses ini, makhluk hidup mendapat, mengubah dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan hidupnya.

Metabolisme meliputi proses sintesis (anabolisme) dan proses penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel hidup.. Semua reaksi metabolisme dikatalis oleh enzim.

Hal lain yang penting dalam metabolisme adalah peranannya dalam penawaracunan atau detoksifikasi, yaitu mekanisme reaksi pengubahan zat yang beracun menjadi senyawa tak beracun yang dapat dikeluarkan dari tubuh.

Anabolisme dibedakan dengan katabolisme dalam beberapa hal

  • Anabolisme merupakan proses sintesis molekul kimia kecil menjadi molekul kimia yang lebih besar, sedangkan katabolisme merupakan proses penguraian molekul besar menjadi molekul kecil
  • Anabolisme merupakan proses membutuhkan energi, sedangkan katabolisme melepaskan energi
  • Anabolisme merupakan reaksi reduksi, katabolisme merupakan reaksi oksidasi
  • Hasil akhir anabolisme adalah senyawa pemula untuk proses katabolisme.
loading...

Pengertian Metabolisme Sel

proses metabolisme jamur, hewan yang membantu penyerbukan kacang panjang, jurnal biologi tentang metabolisme, metabolisme pada jamur
Pengertian Metabolisme Sel | myusername | 4.5