Morfologi Bawang Merah

Tuesday, June 30th, 2015 - Biologi
bawang merah

bawang merah

Morfologi Bawang Merah – Bawang merah termasuk kedalam golongan spermatophyte, sub golongan angiospermae, klas monocotyledonae, ordo liliflorae, dan family amaryllidaceae. Akan tetapi beberapa ahli botani menempatkan bawang merah kedalam family liliaceae, karena bunga dan rangkaian bunganya menyerupai bunga lili (bunga tulip). Walaupun demikian bawang merah lebih menyerupai amaryllis(bunga narcissus).

Daun bawang merah hanya mempunyai satu permukaan, berbentuk bulat kecil, memanjang dan berlubang. Bagian ujung daun bawang merah meruncing dan bagian bawahnya melebar seperti kelopak dan membengkak. Kelopak daun sebelah luar selalu melingkar menutupi daun yang ada didalamnya.

Bunga tanaman bawang merah termasuk bunga majemuk dan berbentuk tandan, yang bertangkai 50 sampai 200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil sedangkan di bagian tengah menggembung. Bunga bawang merah merupakan bunga sempurna yang tiap bunganya terdiri dari lima sampai enam benangsari dan satu buah putik dengan daun bunga yang berwarna putih. Bakal buah duduk di atas membentuk bangun segitiga hingga nampak seperti kubah. bunga dari suku Liliaceae kebanyakan merupakan bunga banci (alomorf).

Tanaman bawang merah merupakan tanaman semusim yang jarang diperbanyak dengan biji melainkan dengan umbinya (bulbus). pangkal batang umbi membentuk cakram yang merupakan batang pokok yang tidak sempurna (rudimenter). Dari bagian bawah cakram tumbuh akar-akar serabut dan di bagian atasnya yaitu diantara kelopak-kelopak daun yang membengkak terdapat mata tunas yang dapat tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas ini dinamakan tunas lateral. Tunas inilah yang akan membentuk umbi lapis.

loading...

Morfologi Bawang Merah

morfologi bawang merah, klasifikasi dan morfologi daun asoka, google, morfologi tanaman bawang merah, morfologi dan klasifikasi bawang merah, morfologi bunga kantil, morfologi bawan putih, morfologi akar bawang merah, mofologi bawan merah, klasifikasi dan morfologi bawang merah
Morfologi Bawang Merah | myusername | 4.5