Macam Macam Fosil

Friday, June 19th, 2015 - Biologi
macam-macam fosil

macam-macam fosil dan manfaat fosil

Macam-Macam Fosil – Pengertian Fosil adalah dengan bahasa latin fossa yang artinya menggali keluar dari dalam tanah adalah sisa atau bekas makhluk hidup yang telah menjadi batu atau mineral yang terbentuk dari proses penghancuran peninggalan organisme yang pernah hidup. Hal ini sering terjadi ketika tumbuhan atau hewan terkubur dalam kondisi lingkungan yang bebas oksigen. Dalam beberapa kasus, kandungan mineralnya berubah secara kimiawi atau sisa-sisanya terlarut semua sehingga digantikan dengan cetakan.

Untuk menjadi fosil, sisa-sisa hewan atau tanaman ini harus segera tertutup sedimen. Oleh para pakar dibedakan beberapa macam-macam fosil . Fosil yang ada jarang terawetkan dalam bentuknya yang asli. Ada fosil batu biasa, fosil yang terbentuk dalam batu ambar, fosil ter, seperti yang terbentuk di sumur ter La Brea di Kalifornia .

Fosil yang paling umum adalah kerangka yang tersisa seperti cangkang, gigi dan tulang. Fosil jaringan lunak sangat jarang ditemukan.Ilmu yang mempelajari fosil adalah paleontologi, yang juga merupakan cabang ilmu yang direngkuh arkeologi. Fosil hewan yang lebih besar biasanya hancur berberai-berai, dan hanya bagian-bagian tertentu ditemukan kembali sebagai fosil.

Pengertian Fosil adalah sisa dari suatu organism atau sesuatu bukti yang menunjukkan adanya kehidupan pada masa lampau. Fosil tidak hanya mencakup fauna ataupun flora yang telah musnah di zaman lampau. Sebagai missal spesies tertentu dari Rodentia yang ditemukan sebagai fosil di Eropa dan Australia ternyata ditemukan dalam keadaan masih hidup di kedua daratan tersebut pada waktu sekarang, dan banyak contoh-contoh lainnya.

Secara umum definisi dari fosil harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1.     Sisa-sisa organisme.

2.     Terawetkan secara alamiah.

3.     Pada umumnya padat/kompak/keras.

4.    Berumur lebih dari 11.000 tahun.

Berdasarkan ukurannya, macam-macam fosil dibagi menjadi :

  • Macro fossil atau fosil besar, fosil macam ini bisa dipelajari tanpa menggunakan mikroskop.
  • Micro fossil atau fosil kecil, fosil macam ini hanya bisa dipelajari dengan mempergunakan mikroskop. Nanno fosil adalah fosil yang sangat halus dan harus dipelajari dengan mikroskop khusus
loading...

Macam Macam Fosil

contoh fosil, macam macam organisme, macam macam fosil, macam macam fosil dan penjelasannya, macam-macam organisme, macam organisme, macam-macam fosil, macam fosil, biota darat, pengertian fosil dan contohnya
Macam Macam Fosil | myusername | 4.5