Konjugasi Pada Paramecium

Monday, June 22nd, 2015 - Biologi
Konjugasi Pada Paramecium

Konjugasi Pada Paramecium

Konjugasi Pada Paramecium – Paramecium caudatum  memperbanyak diri atau bereproduksi dengan cara aseksual dan seksual. Secara aseksual dengan pembelahan biner yaitu membelah menjadi dua secara mitosis, kemudian dilanjutkan oleh makronukleis secara amitosis. Tampak satu sel membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, 8, dan seterusnya. Pembelahan ini diawali dengan mikronukleus yang membelah dan diikuti oleh pembelahan makronukleus. Kemudian akan terbentuk 2 sel anak setelah terjadi penggentingan membran plasma. Perlu Anda ketahui masing-masing sel anak tersebut identik dan alat sel lainnya mempunyai dua nukleus sitoplasma.

Selain itu dapat pula berkembang biak secara konjugasi . Konjugasi pada Paramecium sebagai berikut:

  • Paramaecium berdekatan dan saling menempelkan bagian mulutnya
  • Mikronukleus membelah berturut-turut menjadi empat mikronukleus, makronukleusnya lenyap/menghilang
  • Tiga mikronukleus lenyap, satu mikronukleus membelah lagi menjadi dua mikronukleus yang berbeda ukurannya (besar dan kecil), kemudian mikronukleus yang kecil dipertukarkan antar dua Paramaecium yang berlekatan tadi sehingga menghasilkan zigot nukleus. Setelah itu Paramaecium memisah.
  • Selanjutnya zigot nukleus membelah tiga kali berturutturut menghasilkan delapan inti baru
  • Kemudian tiga inti lenyap, empat inti bergabung menjadi makronukleus dan satu inti menjadi mikronukleus.
  • Pada akhirnya Paramaecium akan membelah dua kali berturut-turut yang menghasilkan empat Paramaecium baru.
loading...

Konjugasi Pada Paramecium

cara konjugasi pada paramecium, cara konjgasi pada paramecium, proses konjugasi paramaecium sp, paramaecium yang terdapat organel osmoregulasi, konjugasi paramecium caudatum, konjugasi paramaesium sp, konjugasi pada paramecium, kojugasj pada para ecium adalah, kegunaan cakar pada landak semut, cara konjugasi par
Konjugasi Pada Paramecium | myusername | 4.5