Fungsi Empulur

Saturday, July 19th, 2014 - Biologi
Fungsi empulur

Fungsi empulur

Fungsi Empulur – Empulur adalah bagian terdalam dari batang tumbuhan berpembuluh Istilah dalam bahasa Inggris adalah pith. Empulur biasanya berupa jaringan lunak agak kering, kadang-kadang berongga kecil-kecil. Pada beberapa tumbuhan, seperti rumput-rumputan, empulur memiliki ruang kosong sehingga membentuk rongga memanjang, kecuali pada bagian yang membentuk daun.

Empulur batang tersusun atas jaringan parenkim yang mungkin mengandung kloroplas. Empulur mempunyai ruang antarsel yang nyata dan tersusun atas perikambium yang disebut perisikel.

Perikambium dibatasi oleh floem primer di sebelah dalam dan endodermis di sebelah luarnya. Jari-jari empulur berupa pita radier yang terdiri atas sederet sel,mulai dari empulur sampai dengan floem. Fungsi empulur adalah melangsungkan pengangkutan makanan ke arah radial. Pada tumbuhan dikotil, jari-jari empulur tampak berupa garis-garis halus yang membentuk lingkaran tahun.

loading...

Fungsi Empulur

fungsi empulur, fungsi empulur pada akar, fungsi empulur pada akar monokotil, fungsi empulur pada batang monokotil, fungsi pith, fungsi jaringan empulur pada batang tumbuhan dikotil adalah, fungsi empulur pada tumbuhan, ciri ciri empulur, fungsi empulur pada batang, fungsi jaringan empulur
Fungsi Empulur | myusername | 4.5